Beranda > berita dan informasi penerbangan, Berita Penerbangan > Sriwijaya Air Perkuat Kelas Bisnis

Sriwijaya Air Perkuat Kelas Bisnis

Sriwijaya Air Perkuat Kelas Bisnis

SURABAYA, FAJAR — Tak mau tertinggal dengan maskapai lain, PT Sriwijaya Air terus melakukan ekspansi. Salah satunya dilakukan dengan memperkuat kelas bisnis. Untuk itu, Sriwijaya Air bakal menyelesaikan penggantian armada dari Boeing 737-200 ke Boeing 737-500 akhir tahun ini.

District Manager PT Sriwijaya Air Surabaya Hendrik Ardiansyah berkata, Sriwijaya masih terbilang baru membuka kelas bisnis dan eksekutif, yakni sekitar enam bulan lalu. Selama dibuka, kursi kelas bisnis selalu penuh. Konsumen utamanya yakni pejabat dan pebisnis.

Melihat potensi ini, pihaknya bakal membuka kelas bisnis lebih banyak lagi. “Saat ini belum semua rute yang tersedia kelas bisnis dan eksekutif, lantaran terkendala dengan armada,” katanya saat dihubungi kemarin.

Saat ini Seiwijaya Air memiliki delapan armada Boeing 737-200. Armada itu berkapasitas 125 kursi yang semuanya merupakan kelas ekonomi. Penggantinya, Boeing 737-500 memiliki kapasitas 8 kursi kelas bisnis dan 112 kelas ekonomi.

Dengan digantinya armada itu, maka semua rute akan dibuka kelas bisnis. Penggantian itu dilakukan bertahap. Tahun ini telah diganti empat unit dan bulan ini akan datang dua unit, sehingga masih ada 6 unit lagi yang harus diganti.

Rute-rute yang belum memiliki kelas bisnis misalkan Surabaya-Bandung, Surabaya-Kupang, Surabaya-Semarang, dan Surabaya- Banjarmasin. Dia mengakui, penggantian armada didahulukan yang melayani rute jarak jauh seperti wilayah Indonesia Timur. Misalkan saja, Surabaya- Manado, Surabaya- Ternate, Surabaya- Makassar, dan Surabaya-Manokwari.

Selain itu peremajaan armada dilakukan sebagai upaya meningkatkan layanan pada konsumen. memberi yang terbaik pada penumpang dan diharapkan dapat menekan biaya. “Armada Boeing 737-200 yang telah uzur menyerap konsumsi bahan bakarnya boros,” tuturnya.

Saat ini Sriwijaya memiliki sekitar 35 armada. Selama dua tahun ke depan bakal menambah 20 armada Embraer. Itu merupakan armada mewah buatan Brazil.

Hendrik menambahkan, selain terus meremajakan armada, Sriwijaya juga terus melakukasn ekspansi rute. Rute-rute baru yang dibidik yakni difokuskan ke wilayah Indonesia Timur. Hal ini lantaran demand masyarakat ke wilayah itu sangat tinggi.

Bahkan rata-rata load factornya melebihi rute lain, yakni 94 persen. “Kami telah membuka rute Suarabaya-Luwuik Agustus lalu. Akhir tahun ini akan dibuka Surabaya-Timika,” ungkapnya. (jpnn/upi)

sumber :
http://www.fajar.co.id/read-20120917234003-sriwijaya-air-perkuat-kelas-bisnis

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: