Harga Tiket Dua Juta

Harga Tiket Dua Juta

PONTIANAKHarga tiket pesawat terbang yang beroperasi di Bandara Supadio, Pontianak tidak terkendali. Meskipun bukan dijual di loket maskapai, namun penumpang mengeluh. Harganya menembus Rp2 juta per lembar tujuan Jakarta-Pontianak.“Kira-kira dong. Masak harga tiket tembus sampai Rp2 juta. Ini bukan lagi musim lebaran atau sembahyang kubur,” kata Gusti Hardiansyah, sekretaris Masyarakat Perhutanan Indonesia Kalbar ketika membeli tiket melalui jasa tak resmi di Bandara Supadio.

Menurut dia, sekitar dua hari yang lalu, berniat bertolak ke Pontianak-Jakarta. Namun saat membeli tiket di loket resmi rata-rata maskapai mengaku kehabisan tiket. “Akhirnya kita beli lewat calo di Bandara. Tahu-tahu harganya tembus Rp2 juta. Di loket sudah diblok telah dipesan penumpang. Anehnya di bandara banyak dijual oleh calo,” katanya.

Karena mendesak iapun membeli tiket seharga Rp2 juta maskapai Sriwijaya tersebut. Sayang tiket tersebut belum cukup hingga harus menunggu keesokan harinya. ”Besoknya, saya dapat tiket Batavia harganya Rp1,6 juta tujuan Pontianak-Jakarta. Itupun memakai nama orang lain. Kami juga pesan maskapai Garuda, katanya sudah penuh. Akan tetapi anehnya beli dari calo selalu ada,” ungkap dia.

Praktisi Kehutanan ini meminta Bandara dan asosiasi jasa travel di Kalbar bertindak tegas. Sekarang bukan lagi musim full season. Hari Idulfitri dan sembahyang kubur sudah lewat. “Masak dari 36 kali penerbangan sehari tidak ada satupun tiket,” keluhnya. Deden, sapaan karibnya, ini meminta kalau tidak ditertibkan para calonya, ia meminta pembangunan infrastruktur runway segera diwujudkan. Paling tidak itu akan membuat di Kalbar akan bertambah penerbangan. Sehingga konsumen dapat lebih ekonomis membeli tiket.

Katanya, yang pergi keluar Kalbar biasanya berkepentingan. Entah itu persoalan bisnis, ekonomi atau kesehatan dan kepentingan lain. Bahkan cerita miris pernah terjadi, salah satu penumpang anaknya sakit dan harus dibawa ke Jakarta terpaksa membeli harga tiket dengan tarif Rp2 juta lewat calo di Bandara. ”Kalau harga normal, biasanya Rp500.000 – 1.200.000. Namun mau bagaimana. Anehnya begitu naik pesawat, ternyata beberapa kursi kosong.

Apalagi belinya dengan memakai nama orang lain. Itu buat kita sedih. Coba kalau jatuh pesawatnya, tidak dapat diasuransi. Siapa nanti bertanggung jawab, kita minta perhatian pemerintahlah,” tuturnya. Kepala Divisi Operasi Bandara Supadio Pontianak Syarif Usmulyani meminta penumpang yang diberlakukan tidak adil dari maskapai segera melaporkan. ”Seluruh maskapai penerbangan beroperasi sudah dimintai mematuhi ketentuan harga batas bawah dan batas atas tiket yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan no 26 tahun 2010,” ucapnya.

Ia menuturkan persoalan harga batas atas dan batas bawah sebelum lebaran sudah dibicarakan lewat rapat lintas. Bahkan dengan Kapolda Kalbar dan semacamnya. “Sebelum puasa kami sudah adakan panggilan kepada seluruh airline. Kami dari Angkasa Pura tidak mentolerir penyimpangan airline terkait harga batas atas dan batas bawah tiket penerbangan,” ujarnya.

Sanksinya, lanjut dia, mulai dari peneguran, finalti sampai kepada pencabutan hingga pengiriman surat kepada airline tidak boleh beroperasi di Pontianak. “Kita bisa lakukan itu. Namun airline sudah komit tidak melakukan itu,” ucapnya. Hanya saja, menurut Usmulyani, kalau dilakukan pihak travel atau pihak luar seperti calo, itu bukan tanggung jawab Bandara Supadio. “Kami tanggung jawab bila beli di loket resmi airline.

Berarti kalau beli di luar dan nama tidak sesuai maka tidak aman. Apabila terjadi kecelakaan tidak akan diganti asuransinya. Ini harus disadari dan dipahami konsumen. Jangan mau ditawari tiket tetapi nama lain. Akibatnya bisa fatal,” ucapnya. Usmulyani menambahkan biasanya penumpang membeli tiket dicalo karena ada azas mutualisme. Makanya para penumpang diminta jeli jangan mau beli sembarangan. (den)

sumber :
http://www.pontianakpost.com/index.php?mib=berita.detail&id=115596

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: