Beranda > Travel Tips > Tips Mudik yang Nyaman Saat Puasa

Tips Mudik yang Nyaman Saat Puasa

Home > Travel Tips > Tips Mudik yang Nyaman Saat Puasa

Jakarta – Lebaran sebentar lagi tiba, bagaimana dengan rencana mudik Anda? Agar traveling pulang ke kampung halaman tetap lancar meski sedang berpuasa, ikuti 6 tips berikut.

Menjelang Lebaran, banyak warga ibukota yang kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga. Sayangnya, perjalanan panjang dan jauh terkadang menjadi penghalang pemudik untuk tetap berpuasa. Bahkan tak sedikit yang membatalkan puasa agar tubuh tetap fit selama perjalanan.

Jika Anda ingin mudik dan puasa lancar bersamaan, tidak ada salahnya mengikuti 6 tips berikut yang dikumpulkan detikTravel, Selasa (14/8/2012), dengan asumsi mudik menggunakan kendaraan pribadi:

1. Jaga stamina

Untuk menjaga tubuh agar tetap fit selama mudik, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Mulailah memperbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan. Ini untuk menjaga agar tubuh cairan tubuh tetap terjaga.

Selain air putih, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin agar stamina Anda tetap terjaga saat perjalanan jauh. Vitamin juga menjaga tubuh Anda agar tetap segar.

2. Lakukan perjalanan malam

Jika ingin tidak terlalu lelah dan tetap segar selama perjalanan, ada baiknya Anda mencoba untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang Anda miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.

Keuntungan lain jika melakukan perjalanan malam adalah saat haus atau lapar di perjalanan, Anda bisa dengan mudahnya minum dan makan. Hal ini tentu tidak bisa Anda lakukan jika melakukan perjalanan siang. Makan dan minum di perjalanan juga mencegah datangnya kantuk.

3. Sediakan makanan ringan

Salah satu masalah ketika mudik adalah mengantuk selama perjalanan. Ini menjadi masalah serius jika dialami pengemudi. Agar mata tetap terbuka, sediakan makanan ringan di dalam tas. Makanan ringan juga berguna untuk mengisi perut saat waktu berbuka atau sahur tiba, tetapi Anda belum menemukan tempat makan.

4. Bawa peta mudik

Sebagai langkah antisipasi jika terpaksa sahur atau berbuka di jalan, ada baiknya selalu membawa peta mudik. Di peta mudik biasanya tercantum lokasi-lokasi beristirahat, atau restoran. Melalui informasi ini, Anda bisa memperkirakan tempat istirahat sahur dan berbuka puasa.

5. Rehat sejenak setelah salat

Jangan paksa untuk terus memacu kendaraan, terutama saat waktu salat tiba. Carilah tempat salat dan istirahat sejenak sambil melemaskan otot-otot yang kaku karena terlalu lama duduk. Air wudhu yang membasuh muka sebelum salat juga bisa menyegarkan kembali tubuh Anda.

6. Manfaatkan posko mudik

Sebelum dan setelah Lebaran biasanya pemudik akan menemukan posko mudik yang hadir di sepanjang jalur pulang kampung. Berbagai fasilitas juga disediakan, mulai dari cek kendaraan, menyediakan tajil dan minuman, playstation, sampai kursi pijat. Nah, Anda bisa memanfaatkan layanan yang disediakan dari berbagai perusahaan ini agar tubuh kembali bugar.

sumber :
http://travel.detik.com
foto : kaskus.co.id

Kategori:Travel Tips
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: