Tiket Pesawat Nyaris Ludes

Tiket Pesawat Nyaris Ludes

BALIKPAPAN – Idulfitri masih dua minggu lagi, akan tetapi tiket dari beberapa maskapai penerbangan sudah nyaris ludes terjual. Contohnya saja pada maskapai penerbangan full service Garuda Indonesia, dimana permintaan tiket cukup tinggi pada tanggal 15 Agustus sebelum hari raya Idulfitri mendatang yang diperkirakan jatuh pada tanggal 19 Agustus. “Kalau permintaan cukup tinggi untuk H-3 sampai dengan tanggal 22 Agustus atau H+3 Idulfitri,” kata Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Suzana A Walandouw, ketika dikonfirmasi kemarin.

Tingkat okupansi maskapai bintang empat ini mencapai 85 persen, pada momen menjelang dan setelah Idulfitri. “Kita sih enggak bilang setiap frekuensi penuh, tapi ada ajalah kursi yang kosong setiap penerbangannya,” terangnya. Untuk harga tiket, seperti diberitakan sebelumnya, pada masa peak season ini mencapai harga Rp 3,1 juta, dimana setiap harinya, maskapai BUMN itu melayani 8 kali frekuensi penerbangan dari dan ke Balikpapan-Jakarta, 2 kali Surabaya, 1 kali Jogjakarta, 1 kali ke Makassar, dan baru-baru ini melayani ke Surabaya 1 kali setiap harinya.

“Untuk harga enggak berubah, karena untuk pemesanan sendiri kami bahkan melayani pemesanan setahun sebelumnya, jadi harganya enggak ada perubahan,” ucap Suzana. Dari data yang didapatkan Kaltim Post, Garuda mematok harga berbeda di setiap subkelas. Untuk kelas ekonomi tujuan Jakarta, misalnya, harga termurah Rp 1,1 juta dan tertinggi mencapai Rp 3,1 juta. Tiket kelas eksekutif sendiri dibanderol Rp 3,6 juta. Sedangkan tiket ekonomi tujuan Surabaya bisa mencapai Rp 2,2 juta.

Berbicara extraflight, Garuda saat ini belum melakukan penambahan kapasitas penerbangan. “Karena mengingat frekuensi penerbangan dari Balikpapan cukup tinggi, di atas 10 kali sehari. Permintaan yang ada masih dapat diakomodasi dengan kapasitas yang ada tersedia saat ini,” terangnya. Sedangkan pada maskapai penerbangan Lion Air, dari H-7 hingga H+6 Idulfitri, tiket yang disediakan hampir habis. “Untuk sementara ini reservasi sudah penuh, tapi itu belum semuanya di-payment, masih dalam bentuk booking time limit,” ujar Ari S, Airport Manager Lion Air Balikpapan.

Ari menambahkan, untuk rute penerbangan pada momen menjelang Idulfitri tersebut rata-rata tingkat okupansinya mencapai 98 persen “Kemungkinan bisa dipastikan penuh dalam masa peak season Lebaran tahun ini,” tambahnya. Harga tiket yang dibanderol, untuk Balikpapan-Jakarta Rp 1,6 juta, Balikpapan-Surabaya Rp 1,2 juta, Balikpapan-Jogjakarta Rp 1,4 juta, Balikpapan-Makassar Rp 929 ribu, Balikpapan-Tarakan Rp 951 ribu dan rute baru Lion Air, Balikpapan-Manado Rp 1,3 juta.

“Untuk antisipasi kami dalam menghadapi angkutan Lebaran, sementara ini kami menyediakan satu extra flight, dengan rute Balikpapan-Surabaya pada tanggal 14 Agustus nanti,” ungkap Ari. Berbeda dengan maskapai Sriwijaya Air, mulai tanggal 8 Agustus mendatang, untuk rute Balikpapan-Surabaya, Balikpapan-Jogjakarta, dan Balikpapan-Semarang, okupansi dari 151 seat per armada yang ditawarkan sudah penuh. “Kalau untuk Balikpapan-Jakarta mulai tanggal 15 Agustus yang penuh,” jelas District Manager Sriwijaya Air Balikpapan, I Gusti Ngurah Ramajaya.

Pihaknya sendiri akan kembali membuka penjualan tiket pada tangal 24 Agustus mendatang. “Yah kemungkinan longgar pada H+5 Idulfitri,” sambung Ngurah. Untuk harga tiket yang dibanderol, rute Balikpapan-Surabaya Rp 1,2 Juta, Balikpapan-Jakarta mulai harga Rp 900 ribu sampai Rp 1,6 juta, Balikpapan-Yogyakarta mulai Rp 900 ribu sampai Rp 1,5 juta dan Balikpapan-Semarang Rp 900 ribu sampai Rp 1,5 juta. “Harga ini adalah harga yang melakukan pemesanan mulai bulan Januari yang lalu,” tukasnya.

Berbicara extra flight sendiri, pihak Sriwijaya Air belum akan melakukan hal tersebut, akan tetapi mulai tanggal 12 Agustus nanti pihaknya akan menambah satu frekuensi lagi untuk rute Balikpapan-Jakarta. “Nantinya kami akan menambah pelayanan untuk rute Balikpapan-Jakarta dengan waktu keberangkatan 18.20 Wita-19.20 Wita,” tutur Ngurah. Sedangkan untuk maskapai penerbangan low cost carrier, Citilink pada H-10 hingga H+2 Idulfitri, juga sudah nyaris ludes tiketnya. Dari 142 seat per armada, 90 persen sudah terisi.

Citilink sendiri melayani dua rute dari kota Minyak ini, yakni rute Balikpapan-Surabaya dan Balikpapan-Jakarta. “Kalau jumlah seat-nya sekali terbang 142 kursi, yah paling yang kosong 10 kursi,” beber Chief of Representative Officer (CRO) Citilink Cabang Balikpapan Redemtus Pramono. Untuk harga tiket yang ditawarkan pihaknya sendiri beragam, seperti pada Balikpapan-Surabaya harga terendahnya Rp 350 ribu hingga Rp 1,1 juta, dan untuk Balikpapan-Jakarta harga tiketnya Rp 460 ribu hingga Rp 1,5 juta. “Untuk extra flight sendiri kami enggak akan melakukannya pada peak season kali ini,” pungkas Pramono.(*/rkp/lhl/che)

sumber :
http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=143600

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: