Beranda > Uncategorized > Jadwal Penerbangan Air Asia dari Solo Harus Diubah

Jadwal Penerbangan Air Asia dari Solo Harus Diubah

Jadwal Penerbangan Air Asia dari Solo Harus Diubah

SOLO, suaramerdeka.com – Pelaku bisnis pariwisata mengaku kaget dengan rencana penutupan rute penerbangan Solo-Kuala Lumpur oleh Air Asia. Pasalnya, load factor penerbangan pesawat tersebut dinilai masih cukup tinggi di atas 70 persen.

Nor Aznan Sulaiman, Direktur Malaysia Tourism Board Embasy of Malaysia di Jakarta mengatakan, rute Solo-Kuala Lumpur tidak perlu ditutup. Sebab, penerbangan satu-satunya itu masih banyak digunakan wisatawan kedua belah pihak, baik dari Kuala Lumpur ke Solo maupun sebaliknya.

Dia melihat bahwa jadwal penerbangan pesawat itu tidak tepat sehingga perlu diubah agar peminatnya menjadi lebih banyak lagi. Perjalanan pesawat dari Solo ke Malaysia maupun sebaliknya relatif singkat hanya sekitar dua jam. Namun, menurut dia, kedatangan pesawat Air Asia di Kuala Lumpur dari Solo sudah menjelang malam sehingga waktu yang tersisa cukup pendek.

Akibatnya, wisatawan tidak bisa langsung jalan-jalan tapi harus menginap terlebih dahulu sehingga dana yang dikeluarkan cukup banyak.

“Ada sekitar 500 jadwal penerbangan dari Indonesia ke Malaysia per minggu, tujuh penerbangan diantaranya adalah dari Solo oleh Air Asia. Saya kira, penerbangan dari Solo ke Malaysia masih cukup potensial sehingga tidak perlu ditutup tapi justru perlu dikembangkan,” kata Nor di sela-sela pemaparan Malaysia Tourism Board di Solo, Selasa (17/7).

Ketua Asita Surakarta Suharto mengaku sudah mengetahui rencana penutupan jadwal penerbangan Solo-Kuala Lumpur yang akan dilakukan Air Asia pada Oktober mendatang dengan alasan untuk efisiensi. Namun pihaknya sepakat dengan Direktur Malaysia Tourism Board Embasy of Malaysia Nor Aznan Sulaiman bahwa rute tersebut tidak perlu ditutup.

Pihaknya juga mendukung Wali Kota Surakarta Joko Widodo yang akan melobi pihak maskapai ke Malaysia agar membatalkan rencana penutupan itu.

“Load factor penerbangan Solo-Kuala Lumpur masih cukup tinggi sehingga tidak perlu ditutup. Lihat saja setiap menjelang Lebaran, penumpangnya selalu penuh. Kalau benar-benar ditutup, lantas wisatawan Malaysia yang mau ke Solo lewat mana?” tandasnya.

sumber :
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/07/17/124513/Jadwal-Penerbangan-Air-Asia-dari-Solo-Harus-Diubah

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: