Beranda > traveling tips > Empat Latihan Hindari Cedera di Pesawat

Empat Latihan Hindari Cedera di Pesawat

BEPERGIAN ke luar negeri dengan jarak tempuh yang cukup jauh, tentunya cukup melelahkan. Selain itu, bagi Anda yang belum terbiasa bepergian jarak jauh, dapat mengalami permasalahan dalam persendian, seperti salah urat.

Berikut ini ada empat latihan fisik sederhana dan nyaman yang dapat Anda praktikkan langsung di dalam pesawat.

1. Saat berada di kursi pesawat, duduklah tegak dan bernapaslah dalam-dalam. Saat Anda mengeluarkan napas, kencangkan otot lalu tahan selama 10 hitungan dan ulangi lima sampai 10 kali. Lakukan ini setiap 20 menit sekali dengan memilih otot yang berbeda atau set otot setiap waktu.

2. Untuk latihan pada bagian kaki, duduklah tegak dengan telapak kaki di lantai. Tekuklah lutut, lalu angkat satu kaki beberapa inci saja. Putarlah pergelangan kaki sebanyak lima hitungan dan beralihlah ke kaki yang satunya.

Ulangi sebanyak lima kali tiap-tiap pergelangan kaki. Kemudian, masih dengan posisi lutut ditekuk, angkat satu kaki, dan tarik lutut hingga ke dada Anda. Turunkan lutut dan ulangi dengan lutut yang satunya. Lakukan sebanyak 10 kali.

Untuk menghilangkan ketegangan di bahu Anda, angkat bahu hingga mendekati telinga Anda selama 10 detik, sementara itu ambillah nafas, ulangi sebanyak lima kali.

3. Lakukan peregangan otot sesering mungkin, agar darah terus mengalir dan otot lentur. Jika diperlukan, beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah menuju kamar mandi pesawat untuk tetap menjaga keseimbangan. Angkat satu kaki hingga lutut mendekati perut, hitung hingga lima detik dan pindah ke kaki yang satunya.

Lalu bungkuklah badan Anda hingga tangan dapat menyentuh lantai selama 10 hitungan. Sesudahnya, letakkan tangan Anda pada pinggul dan putarlah bahu ke kiri dan kanan. Selanjutnya perlahan-lahan luruskan lengan dan tarik bahu Anda bersamaan hingga Anda merasakan regangan. Tahan selama 10 hitungan.

4. Jika Anda menderita sakit punggung, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil saat masih berada di bandara. Jangan mengunci lutut Anda saat sedang menunggu keberangkatan, ini menyebakan sikap buruk dan memberi tekanan pada punggung bawah.

Tekuk lutut dan panggul Anda sedikit saja, jika dibutuhkan manfaatkan koper agar Anda dapat menopang tubuh. Jika cara tersebut belum ampuh atau bahkan semakin sakit, es adalah obat pengganti sementara yang terbaik, selain itu pemijatan terhadap kaki juga dapat membantu meredakan sakit di punggung.(*/OL-5)

sumber :
http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: