Beranda > traveling tips > Agar si Kecil Tetap Nyaman di Pesawat

Agar si Kecil Tetap Nyaman di Pesawat

BERLIBUR bersama keluarga merupakan suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Terlebih jika ini merupakan liburan pertama keluarga Anda dengan si kecil. Ketika Anda membawa si kecil melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, tentunya perlu persiapan khusus agar Anda tetap nyaman selama perjalanan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam perjalanan liburan bersama dengan buah hati Anda:

1. Bicarakan kepada anak Anda soal proses pemeriksaan keamanan di bandara. Biarkan mereka tahu bahwa tas yang berisi mainan, pakaian, dan barang lainnya akan diperiksa menggunakan mesin x-ray sejenak.

2. Jelaskan kepada mereka bahwa mengatakan hal-hal yang tidak baik seperti, “Ada bom di dalam tas saya” merupakan pelanggaran hukum. Mereka mungkin menganggap itu lelucon. Namun, sebaiknya Anda mencegah mereka melontarkan kata-kata seperti itu. Ingatkan pula, hal itu bisa mengakibatkan mereka dihukum.

3. Pastikan anak Anda duduk di bangku pesawat dengan keamanan yang memadai untuk usia, berat, dan tinggi badan anak. Kalau perlu, mintalah kursi khusus untuk anak-anak yang biasa digunakan di mobil. Sebab, postur tubuh mereka belum memungkinkan untuk duduk dan menggunakan safety belt bangku pesawat.

4. Meskipun Anda bisa menggendong anak di pangkuan, sebenarnya akan lebih baik untuk memberikan tempat duduk sendiri buat anak-anak berusia dua tahun ke bawah. Kalau Anda punya biaya lebih, tidak ada salahnya memesan satu tiket lagi untuk mereka.

5. Sediakan satu tas khusus berisi mainan dan camilan agar anak Anda tidak rewel selama perjalanan.

6. Untuk mengurangi rasa sakit pendengaran selama penerbangan, berikanlah sebotol susu. Untuk anak yang berusia di atas satu tahun, bisa mengunyah permen karet. Atau, Anda bisa menyediakan segelas air sabun dan membiarkan ia meniupnya menggunakan sedotan untuk membentuk balon (untuk anak usia empat tahun ke atas). Bisa juga, untuk anak usia delapan tahun ke atas, biarkan anak meniup balon.

7. Jangan lupa konsultasikan soal perjalanan ini kepada dokter anak Anda. Mereka yang memiliki masalah jantung, paru-paru, ataupun gangguan pernapasan memerlukan persiapan khusus.

8. Jika ingin bepergian ke negara lain, pastikan si buah hati sudah mendapatkan vaksinasi. Periksalah ke dokter bila ia memerlukan tambahan vaksinasi.

9. Untuk mencegah jet lag, sesuaikan jadwal tidur anak Anda dengan waktu kota yang dituju, sekitar dua atau tiga hari sebelumnya. Setelah sampai di kota yang dituju, doronglah si anak agar beraktivitas di siang hari untuk penyesuaian.

10. Pastikan paspor dan obat-obatan selalu berada di tas Anda. Sebelum bepergian, sebaiknya, carilah daftar rumah sakit terdekat yang bisa Anda jangkau kalau sesewaktu Anda atau si kecil sakit.

11. Berikan kesempatan bagi anak Anda untuk mengemasi barang-barang. Biarkan mereka memilih beberapa baju, mainan, dan buku yang disukai sehingga mereka tidak bosan saat berada di pesawat. Buku mewarnai dan krayon ataupun portable DVD player bisa menghibur mereka. Jangan lupa membawa baterai untuk penggunaan alat-alat elektronik.

12. Tanpa sepengetahuan anak Anda, bawalah sejumlah mainan dan buku guna berjaga-jaga kalau sesewaktu ia merasa bosan. Jangan lupa minuman kemasan untuk mencegah mereka dehidrasi. Hindarilah camilan dan minuman yang manis karena hanya akan menambah dehidrasi. Popok dan tisu basah pun tidak boleh dilupakan agar anak tetap dalam kondisi bersih. Tas punggung adalah pilihan yang terbaik untuk dikenakan orang dewasa maupun anak-anak. Sesuaikan juga ukuran tas dan bawaannya untuk dikenakan anak Anda.(Hiko/Ol-5)

sumber : MEDIA TRAVELISTA

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: