Beranda > Pantai > Pantai Batakan

Pantai Batakan

Selayang Pandang

Bila anda berkunjung ke Provinsi Kalimantan Selatan, sempatkanlah bertamasya ke tempat-tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Tanah Laut. Kabupaten yang beribukota di Pelaihari ini terkenal dengan rekreasi pantainya yang memesona. Pantai Batakan salah satunya.

Pantai Batakan terletak di sebelah selatan Kota Pelaihari, dan telah ditetapkan sebagai tempat wisata pada tahun 1982 oleh H. Muhammad Said, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan kala itu. Meskipun terbilang baru, pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Sebagai salah satu tempat obyek wisata andalan, pemerintah daerah setempat telah mengelola pantai yang menghadap ke Laut Jawa ini secara serius. Hal ini terbukti dengan telah dibangunnya berbagai fasilitas pendukung di kawasan pantai ini.

Keistimewaan Rancak dan eksotik. Begitulah kira-kira kesan pertama ketika mengunjungi Pantai Batakan. Hamparan pasir putih pantainya yang luas dan landai, serta panorama alamnya yang memesona, membuat obyek wisata ini begitu spesial dikunjungi bersama keluarga atau kolega. Angin yang bertiup sepoi-sepoi dan daun kelapa yang melambai-lambai, serta diselingi oleh burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar air laut, menambah daya tarik kawasan wisata ini.

Pasir pantainya yang terbentang luas memberi cukup ruang kepada wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti berjemur dan membuat patung dari pasir. Pasir pantainya yang halus sangat mendukung wisatawan yang ingin berolahraga di sini, seperti main bola dan voli pantai. Sementara itu, ombak lautnya yang relatif kecil mendukung wisatawan yang ingin berenang dan bermain ombak di pantai ini.

Di sini juga tersedia jasa persewaan perahu motor dan kuda, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati kawasan pantai sepanjang dua kilometer ini dengan naik perahu dan naik kuda. Selain menikmati pantainya, memancing juga merupakan salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke Pantai Batakan, karena di kawasan ini terdapat berbagai jenis ikan.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Batakan, para turis kemudian dapat menyewa perahu motor untuk mengunjungi Pulau Datu, sebuah pulau seluas 10.000 kilometer persegi yang terletak di lepas Pantai Batakan. Pulau tersebut sering dikunjungi orang yang ingin berziarah ke makam Datu Pamulutan, seorang ulama/penyebar agama Islam di Kabupaten Tanah Laut yang semasa hidupnya gemar sekali menangkap burung dengan pulut (getah).

Pada sore hari, panorama kawasan pantai ini kian eksotik. Pelancong dapat menikmati suasana matahari tenggelam (sunset) sambil bersantai di pondok-pondok wisata, shelter-shelter, dan warung-warung yang terdapat di sana.

Keberadaan obyek wisata ini semakin lengkap dengan digelarnya ritual nelayan kawasan Pantai Batakan pada bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya. Ritual yang dilakukan untuk mendapatkan berkah dan keselamatan bagi nelayan tersebut ditaja di Papadangan, sebuah tempat yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Pantai Batakan.

Lokasi

Secara administratif, Pantai Batakan masuk dalam wilayah Desa Batakan, Kecamatan Penyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Akses

Kota Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut, berjarak sekitar 104 kilometer dari Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan Pantai Batakan berjarak sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Kota Pelaihari. Turis dapat mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum (bus), baik dari Kota Banjarmasin menuju Kota Pelaihari maupun dari Kota Pelaihari menuju Pantai Batakan.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di kawasan Pantai Batakan terdapat pasar, toko, dan warung yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, dan perlengkapan memancing.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa cottage, wisma, dan home stay yang terdapat di kawasan sekitar pantai ini. Di kawasan tersebut juga tersedia camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah.

Berbagai fasilitas lainnya, seperti pendopo, pondok wisata, shelter-shelter, polisi pariwisata, penjaga pantai, puskesmas, serta persewaan perahu motor dan kuda, juga tersedia di sini.

Sumber : http://aanpede.wordpress.com

Photo : http://farm4.static.flickr.com

Kategori:Pantai
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: