Beranda > Pantai > Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Home > Informasi Pariwisata Dunia > Wisata Alam > Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari
Geografis Balikpapan
Kota Balikpapan terletak diantara 1’LS-1,5’LS dan 116,5’BT-117’BT. Terdiri dari 5 Kecamatan, berbatasan dengan kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kertanegara, Selat Makassar, dan Kabupaten Pasir. Luas wilayah kurang lebih 503.306 Km2. Walaupun suku Dayak merupakan suku asli, tapi kehidupan multi-ethnis (heterogen) merupakan salah satu ciri kehidupan Kota ini.
Adalah tidak berlebihan menyebut Kota Balikpapan sebagai “Kota Minyak”. Selain terdapat banyak Kilang minyak, hari jadi kota ini tanggal 10-February-1897, diambil dari hari pengeboran minyak pertama (Mathilda) di Kota ini.
Terletak di Pulau Kalimantan, salah satu pulau yang dikenal dunia karena Hutan-Tropisnya, Menjadikan Kota Balikpapan sebuah Kota minyak dan industri yang berwawasan lingkungan. Pribadi yang kental ini tercermin dengan tertatanya Kota Balikpapan sebagai salah satu kota metropolis di Indonesia yang kurang lebih 52% (lima puluh satu persen) dari luas wilayahnya merupakan: wilayah hijau, konservasi, preservasi dan Hutan-Lindung.
Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) adalah hutan Primer yang terletak di sebelah Barat-Laut dari pusat kota. Selain berfungsi sebagai tempat riset tentang tumbuhan dan hewan pulau Kalimantan, hutan ini juga merupakan salah satu obyek wisata pendidikan dan obyek wisata minat khusus yang sangat menarik. Selain HLSW, obyek wisata lain unggulan lain yang terdapat dikota ini adalah : Pantai berpasir putih Manggar Segara Sari; Hutan Mangrove; dan Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup – “enclosure” Beruang madu. Sistem penataan “enclosure” Beruang madu yang sedemikian ini menjadikan Kota Balikpapan sebagai: Satu-satunya Kota di Dunia yang memiliki Beruang madu yang hidup di “eclosure” yang menyerupai habitat aslinya.
Kota Balikpapan dapat diakses dengan relatif mudah. Bandara Udara Internaional Seppinggan adalah “Jembatan udara” yang menghubungkan Kota Balikpapan secara langsung baik dengan Kota-kota besar dalam dan luar negeri.
Wisata Pantai
Wiasata alam yang terkenal di Balikpapan salah satunya adalah Pantai Manggar segarasari. Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur, Kabupaten Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.
Pantai Manggar Segarasari merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Air lautnya begitu jernih, pasirnya begitu putih, dan secara keseluruhan pemandangan wilayah pantai tampak masih terasa indah. Luas keseluruhan kawasan pantai ini adalah 13.000 m persegi.
Kawasan Pantai Manggar Segarasari sangat luas, sehingga bisa dimanfaatkan untuk tempat berlibur dan bermain yang menarik. Pengunjung bisa bermain bola, bermain layang-layang, dan lain sebagainya. Air gelombang pantai tidak begitu besar, sehingga pengujung bisa bermain di pinggiran, berenang, bermain perahu karet, dan lain sebagainya, dengan rasa aman. Pantai ini dibuka antara pukul 06.00-18.00 WITA.
Merupakan pantai kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan. Pantai landai berpasir putih ini terletak kurang lebih 15 kilometer sebelah timur Kota. Dipantai Manggar selain bisa menikmati berbagai macam permainan/olahraga air seperti: banana boat, perahu santai dan berenang, pengunjung juga bisa menikmati aneka lokal kuliner. Pantai ini juga dilengkapi dengan sarana bermain anak “children play ground” dan panggung terbuka. Dihari-hari besar dan hari-hari tertentu diadakan pertunjukan baik budaya ataupun kreatifitas di panggung terbuka ini. (dd)
Sumber :
Kategori:Pantai
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: