Beranda > Pantai > Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Home > Informasi Pariwisata Dunia > Wisata Alam > Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong adalah salah satu obyek wisata pantai yang terkenal di Kabupaten Serang,Provinsi Banten Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Provinsi Banten, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pantai Tanjung Lesung yang populer dengan keindahan panorama pantai dan pesona bawah lautnya, daya tarik Pantai Karang Bolong justru terletak pada sebuah batu karang besar bolong yang terdapat di pantainya.
Pantai Karang Bolong yang terlertak 50 Km dari kota Serang atau 140 Km dari kota Jakarta, sekitar 11 km kearah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan. Pantai Karang Bolong, Letaknya yang di pinggir jalan memudahkan para pengunjung menemukan pantai ini.
Pantai karang Bolong anyer adalah daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik terutama setiap hari libur panjang Pantai Karang Bolong selalu dipenuhi pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. Pantai Karang Bolong dikelola oleh manajemen swasta dan ada pula yang dikelola oleh pemerintah daerah. Karang Bolong merupakan kawasan wisata yang menyediakan beragam keindahan mulai dan pantainya sampai pemandangan alam pegunungan, dan hutan yang terdapat di sekitar pantai..
Sejarah Pantai Karang Bolong
Pada awalnya, pantai yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga. Nama ini diambil dari Suryadilaga, nama orang sakti mandraguna pada zaman dahulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. Meski Suryadilaga telah lama meninggal, masyarakat sekitar pantai ini meyakini bahwa ia masih hidup dan bermukim di pantai tersebut.
Dalam perkembangan selanjutnya, perlahan-lahan nama Karang Suraga memudar dan berganti nama menjadi Karang Bolong. Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan. Salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas.
Nama Pantai Karang Bolong diambil dari karang yang besar dan berlubang ditengah nya atau bolong.. Karang Bolong merupakan karang besar yang berlubang di tengahnya, menurut perkiraan para ahli, diperkirakan akibat letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Pantai Karang Bolong berbentuk lengkung yang sangat lebar dan menghadap langsung ke laut lepas. Oleh pengelola pantai ini, beberapa bagian karang diberi anak tangga agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian di atas karang itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut.
Pemandangan Pantai Karang Bolong bila dinikmati di atas karang sangat memukau dan menawan. Kedamaian akan sekali terasa ketika berada di atas karang. Belum lagi sepoi-sepoi angin laut yang tak henti menerpa wajah dan rambut sangat menghadirkan kesejukan.
Di Pantai Karang Bolong para turis bisa melakukan banyak kegiatan seperti bermain jetski, banana boat, selancar, berenang di laut, memancing, main voli pantai, berperahu sambil mendengarkan deburan ombak dan menikmati hembusan angin laut.
Di Karang Bolong juga terdapat taman buatan dengan patung-patung binatang, seperti ikan, badak, gajah, laba-laba dan lainnya. Taman “kebun binatang” ini dilengkapi kolam renang dan tempat-tempat duduk bersantai yang tertata rapi. Cocok untuk melepas lelah dan bersantap.
Pemandangan di pantai memang amat indah dan menarik apalagi saat matahari terbenam dengan pemandangan gunung Anak Krakatau di kejauhan. Ditambah jejeran saung lesehan yang dibangun masyarakat sekitar menambah pesona keindahan kawasan wisata ini. Di sini, masyarakat sekitar turut merasakan manfaat dengan berjualan dan harganya pun terjangkau..
Untuk pengunjung yang ingin bermalam pun tidak usah khawatir, karena Di sekitar pantai karang bolong banyak terdapat hotel dan cottage dengan bervariasi harga dari harga yang murah sampai dengan harga tinggi. disesuaikan oleh kocek masing masing wisatawan.
Selain hotel dan cottage, tersedia pula penginapan berupa villa dengan tarif antara Rp. 400.000 sampai Rp. 800.000 per malam tanpa makan. Tapi tak perlu khawatir, di sekitar Pantai Karang Bolong (seberang jalan) banyak terdapat kafe atau warung makanan dengan berbagai menu.
Di area Pantai Karang Bolong banyak penduduk yang menawarkan berbagai jenis makanan. Dari buah-buahan sampai makanan lainnya jadi pengunjung tidak perlu khawatir denagan masalah makanan..
Tarif masuk:
Sebelum masuk pengunjung ke Pantai Karang Bolong harus membeli tiket terlebih dahulu harga tiket Rp. 5.000 / orang atau Rp. 250.000 / bis (60 penumpang) untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraanya didalam areal karang bolong. Bila sedang ramai, kendaraan pengunjung diharuskan parkir di luar areal kawasan yang telah disediakan oleh pengelola.
Menuju Pantai Karang Bolong
Lokasi dapat ditempuh dengan jalur: Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong
Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140km atau 50km dari kota Serang. Karangbolong ini bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.
Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta bisa langsung keluar melalui pintu tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten (dd)
Sumber :

http://www.tourism-mpu.com
http://www.bantenbiz.com
http://www.javatoursandtravel.co.id

Kategori:Pantai
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: